Buletin Edisi 01 Spesial Ramadhan

Cara kita melayani merupakan Cermin paradigma pribadi kita”

Layanan sepenuh hati berasal dari dalam diri kita sendiri. Sanubari merupakan tempat bersemayamnya emosi – emosi, watak,keyakinan-keyakinan,nilai – nilai,sudut pandang dan perasaan – perasaan. Ia juga membentuk dasar pribadi dan cara berperilaku kita sebagai manusia. Apapun yang kita lakukan,jabatan apapun yang kita sandang,dan jalur karier apapun yang kita pilih, inti keberadaan itu semua berasal dari hati ( perasaan ) dan pikiran ( logika ).

Layanan sepenuh hati dapat menembus sisi kecerdasan dan terfokus pada apa yang menjadikan diri kita sebagai manusia. Dia bisa menembus sanubari yang terdalam dan memungkinkan kita berkonsentrasi pada apa yang kita rasakan,kerjakan dan kebiasaan- kebiasaan yang membentuk landasan bagi kebiasaan tindakan tindakan kita. Layanan sepenuh hati juga bisa membantu kita menyisihkan waktu sebentar untuk membantu memahami orang lain dan peduli terhadap perasaan- perasaan mereka .

Nilai sebenarnya layanan sepenuh hati terletak pada kesungguhan empat sikap , yaitu :

1. Passionate ( sikap bergairah )

Menghasilkan semangat yang besar terhadap pekerjaan, diri sendiri dan orang lain. Antusiasme dan perhatian yang kita bawakan pada layanan sepenuh hati akan membedakan bagaimana kita memandang diri sendiri dan pekerjaan. Dari tingkah laku dan cara memberi layanan kepada orang lain,mereka akan mengetahui apakah kita menghargai mereka atau tidak. Gairah berarti menghadirkan kehidupan dan vitalitas dalam pekerjaan

2. Progressive ( sikap progresif )

Menciptakan cara- cara baru dan menarik untuk meningkatkan layanan dan gaya pribadi. Pekerjaan apapun yang kita tekuni,jika

memiliki gairah dan pola pikir yang progresif, kita akan mampu menjadikan pekerjaan kita lebih menarik

3. Proactive ( sikap proaktif )

Supaya aktif harus melibatkan pekerjaan kita. Banyak orang yang hanya berdiam diri dan menanti disuruh melakukan sesuatu bila diperlukan. Imam Al-Ghazali menyatakan bahwa “Diam itu bagaikan air yang tidak mengalir yang didalamnya akan banyak menumbuhkan berbagai macam penyakit”

Untuk mencapai layanan yang lebih bagus diperlukan inisiatif yang tepat. Nilai tambah layanan sepenuh hati adalah alasan yang mendasari mengapa kita melakukan sesuatu bagi orang lain. Layanan ini diberikan karena ada kepedulian dan itu akan membuat perubahan bagi orang lain di sekitar kita. “Khairunnas anfa’uhum linnas” sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak memberi manfaat bagi sesama.

Layanan sepenuh hati tidak hanya berarti menunaikan pekerjaan kita saja, tapi juga melibatkan rasa cinta dan bangga terhadap diri sendiri dan kesempatan yang kita punyai untuk memberikan pengalaman positif bagi seseorang

4. Positive ( sikap positif )

Senyum merupakan bahasa isyarat dan universal yang dipahami semua orang. Bahkan Rosulilloh Muhammad SAW, menilai bahwa senyum itu adalah Sedekah.

Berlaku positif itu sangat menarik. Sikap ini bisa mengubah suasana dan kegairahan pada hampir semua interaksi Berlaku positif berarti kita seyogyanya menyambut hangat orang lain dan tidak ada pertanyaan / permintaan yang tidak pada tempatnya. Memberi layanan yang baik merupakan sesuatu paling penting yang dapat kita lakukan. Dan bersikap positif merupakan keyakinan bahwa kita bisa menemukan penyelesaian terhadap semua masalah.

Jika kita mau melapangkan perasaan dan pikiran menjadi orang yang lebih positif dan senantiasa mendapat penerangan, kita dapat melihat dunia dan orang orang yang berada di dalamnya dengan perspektif yang berbeda. Ini modal yang sangat berguna dalam membangun hubungan – hubungan antar pribadi. Semoga

 

 

 

 

( Sumber : EQ , Kecerdasan Emosional, Pelayanan Sepenuh Hati; Dr.Patricia Patton)

Penulis adalah Kepala SMA Negeri  1  Mojotengah

Guru Bimbingan dan Konseling

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s