Kedaulatan Rakyat

07/04/2012 02:00:08 BANJARNEGARA (KR) – SMP Negeri 2 Banjarnegara meraih juara II Unnes Green School Awards yang diselenggarakan Universitas Negeri Semarang (Unnes) dalam rangka dies natalis ke-47 perguruan tinggi tersebut, belum lama ini. Atas keberhasilan itu, sekolah ini berhak memperoleh hadiah piala, sertifikat dan uang pembinaan sebesar Rp 3 juta.

“Hadiah uang kami peruntukkan bagi pengembangan kegiatan konservasi yang diselenggarakan sekolah,” kata kepala SMP Negeri 2, Bambang Budi Setiyono, Kamis (5/4).

Kejuaraan Unnes Green School Awards merupakan ajang lomba bagi sekolah-sekolah yang peduli lingkungan. Materi yang dinilai berupa penghijauan di sekolah, pengelolaan sampah menjadi kompos, pemanfaatan limbah menjadi barang berguna, pengelolaan tanaman obat, apresiasi sekolah terhadap kegiatan lingkungan dan sebagainya.

Keikutsertaan SMPN 2 dalam lomba ini, kata Bambang, selaras dengan visi sekolah yaitu unggul dalam prestasi, luhur dalam budi pekerti dan peduli lingkungan. Sebagai bukti dari keseriusan sekolah dalam hal peduli lingkungan, dari luas lahan sekolah 11.000 m2, setelah dikurangi untuk bangunan seluas 3.000 m2 dan untuk lapangan sekolah seluas 4.000 m2, selebihnya khusus diperuntukkan lahan penghijauan.

SMPN 1 Kudus juga berhasil meraih penghargaan ini. SMPN 1 Kudus meraih juara I dengan nilai 788 dan tempat ketiga SMPN 2 Temanggung dengan nilai 715.

Rektor Unnes Prof Dr Sudijono Sastroatmojo MSi menyatakan, untuk tingkat SLTA, juara I diraih SMAN 1 Mojotengah Wonosobo, juara II SMKN 1 Temanggung dan Juara III SMAN 1 Bandar Batang. Rektor berharap sekolah pemenang Unnes Green School Awards bisa menjadi ‘virus’ bidang penghijauan, konservasi dan kecintaan pada lingkungan hidup sejalan dengan Unnes sebagai perguruan tinggi konservasi. (Mad/Sgi)-k http://www.kr.co.id/web

Tinggalkan komentar